Senin, 04 April 2016

Tips Memilih Topic Blog Agar Sukses

memilih topik blog

Memilih topic untuk blog yang akan anda buat merupakan syarat mutlak yang akan membuat blog anda sukses, memilih topic merupakan hal paling penting dalam membangun blog yang sukses. Banyak para blogger pemula melewati proses ini sehingga lama kelamaan mereka bosan dan blog merekapun menjadi sia sia dan akhirnya “ gagal”.

Perlu anda ketahui ada beberapa hal yang menyebabkan blogger  “Gagal”

1.    Pengunjung blog sepi
2.    Bosan dengan topic yang di bahas
3.    Tidak ada topic yang akan di bahas

Pada awal mula anda blogging sudah pasti rajin memposting artikel bukan…..

Namun setelah beberapa lama pengunjung blog Anda menurun dan hampir tidak ada, itu bukan berarti artikel yang Anda buat salah atau kurang bermanfaat.

Namun bisa jadi karena topic yang Anda bahas dalam artikel blog Anda kurang popular dan tidak popular dalam waktu yang lama  atau bisa dibilang topic “Aji Mumpung”

Hindari hal hal berikut ini dalam memilih topic blog

1.    Memilih topic yang banyak ( gado gado )
2.    Memilih topic kegemaran/hobby  yang kurang diminati banyak orang ( tidak popular )
3.    Memilih topic yang popular namun tidak mengetahui apapun tentang topic tersebut
4.    Memilih topic popular namun tidak merisaukan blog raksasa yang sudah membahasnya.
5.    Memilih topic yang pembahasannya sedikit

Dalam memulai membuat sebuah blog pastikan Anda tahu apa yang akan menjadi isi atau konten blog Anda nantinya, dalam artikel kali ini  saya akan membahas tentang Tips Dalam Memilih Topic Blog Agar Sukses. Sebelum Anda memulai menentukan topic yang akan anda bahas pastikan Anda memilih flatform blog mana yang akan Anda gunakan .

Seorang bloger sukses pasti terlebih dahulu memilih topic mana yang akan mereka bahas nantinya, bukan karena suatu alasan tapi karena mereka juga menyukai apa yang mereka akan tulis menjadi konten blog mereka
.  
Banyak cara dan tools yang dapat anda gunakan untuk mencari topic mana yang paling sering dibahas dan menjadi popular di kalangan netizen,  semisal Google Keyword Planer  dan masih banyak lagi yang lainnya.
Berawal dari pengalaman saya dalam membuat blog ini, saya termotifasi untuk membuat artikel ini, agar para newbie juga tidak mengalami kegagalan dalam membuat dan membangun blog, dan membuat blog sesuai dengan yang diinginkan.

Jadi sekarang kita akan membahas tips tips yang bisa Anda gunakan dalam memilih suatu topic blog agar menjadi sukses dan popular dalam waktu yang lama.

Sekarang mari kita mulai……

Simak baik baik mulai dari awal hingga akhir article ini agar Anda tidak sia sia dalam membuat blog..

1.    Kesukaan Anda Pada Topic 
Tips Memilih Topic Blog Agar Sukses

Kenapa kita harus menyukai apa topic yang akan kita ambil menjadi topic blog?

Pertanyaan ini sangat mudah untuk dijawab…….

Begini masud saya!

Coba bayangkan jika Anda disuruh melakukan pekerjaan yang tidak disukai pasti Anda tidak akan merasa senang dan akan bosan dengan pekerjaan itu bukan, dan sekarang kalo Anda disuruh melakukan pekerjaan yang Anda sukai pasti tidak akan banyak Tanya dan alasan untuk melakukan hal tersebut bukan.

Sekarang coba Anda Tanya diri sendiri apa hobby atau pekerjaan yang paling disukai dan rela Anda lakukan demi pekerjaan tersebut.

Perlu Anda tahu menjadi seorang blogger itu gampang gampang sulit, awalnya pasti akan merasa senang namun lama kelamaan pasti akan merasa bosan dan pensiun dari blogging.

Kenapa bisa begitu, itu semua bisa terjadi karena beberapa alasan seperti tidak suka dengan topic blog dan kehabisan bahan yang akan dibahas dari topic tersebut.

Jadi inilah alasan kenapa saya merekomendasikan memilih topic sesuai dengan apa yang Anda suka, agar Anda nantinya tidak memiliki rasa bosan setiap kali ngeblog karena Anda suka dengan apa yang dibahas.

Namun perhatikan juga pada minat Anda, walaupun Anda berminat dengan topic tertentu namun tidak banyak orang yang berminat dengan topic yang Anda sukai jangan gunakan itu menjadi topic blog Anda.

Karena percuma saja topic yang Anda bahas tidak akan pernah menjadi popular dan sudah pasti Anda akan gagal dalam membangun blog tersebut.

2.    Memilih Topic Yang Memiliki Banyak Peminat
Tips Memilih Topic Blog Agar Sukses

Diatas kita membahas tentang yang kita sukai nah disini kita akan membahas tentang topic yang memiliki banyak peminat.

Sudah saya beritahu diatas meskipun kita suka pada topic ini namun sedikit orang yang suka dengan topic ini maka jangan gunakan topic tersebut menjadi topic blog Anda karena akan berakibat buruk pada blog Anda nantinya.

Untuk mencari topic mana yang memiliki banyak peminat, Anda bisa menggunakan banyak cara untuk mendapatkannya contohnya seperti Google Keyword Planner miliknya mbah Google.

Kenapa saya menyarankan menggunakan GKP untuk tool mencari topic popular, karena sudah tidak diragukan lagi hampir separuh para netizen menggunakan Google dalam mencari kata atau topic tertentu.
Nah sekarang bagaimana cara menggunakan GKP ini…..

Bisa Anda baca disini
 
Namun Anda juga bisa mencarinya di situs jejaring social, karena ciri suatu topic popular biasanya sering menjadi bahan pertanyaan dan pembicaraan orang orang di jejaring social seperti Facebook, Twitter, G+, Instagram DLL.

Nah jika Anda sudah menemukan apa yang menjadi kesukaan, coba Anda cari di forum facebook, twitter, G+ DLL apakah kesukaan Anda ini memiliki banyak peminat atau sedikit, itu semua bisa Anda ketahui di banyaknya orang yang bergabung di forum forum tersebut.

3.    Focus Dengan Satu Topik Saja   

Tips Memilih Topic Blog Agar Sukses
•    Bagaimana jika saya memiliki lebih dari satu kesukaan dan saya ingin menjadikannya topic?
•    Kenapa kita harus focus pada satu topic saja?
•    Apa bisa saya mengambil lebih dari satu topic dalam satu blog?



Pertanyaan diatas menjadi pertanyaan umum yang sering keluar saat Anda akan memulai membuat danmemilih topic blog.

Mari kita jawab satu persatu pertanyaan diatas…….

•    Menurut saya pilihlah salah satu dari kegemaran Anda karena jika Anda menggunakan dua atau lebih Anda akan kewalahan nantinya dalam membuat artikel yang berbobot dan sulit untuk membuatnya menjadi terkenal, jadi pilih satu dari kegemaran Anda. Namun Anda bisa menjadikannya menjadi dua blog atau lebih sesuai dengan kegemaran dan kesukaan Anda.

•    Kenapa kita harus focus pada satu topic saja karena kebanyakan blogger yang sukses hanya membahas dan focus pada satu topic saja, sehingga saya menyarankan untuk mengambil satu topic saja. Ingat ini semakin sempit dan spesifik yang Anda bahas semakin besar pula peluang Anda untuk sukses 
     
•    Boleh saja anda menggunakan dua atau tiga topic dalam satu blog, namun apakah Anda bisa membuatnya menjadi popular sedangkan banyak saingan pastinya blog baru Anda akan sulit ditemukan. Namun jika memang Anda berkeinginan membuat blog dengan banyak topic sebaiknya Anda mempunyai group atau kelompok untuk membangun blog tersebut, agar nantinya tidak keewalahan dalam mencari refrensi atau ide membuat artikel.

Nah dari pertanyaan dan jawaban diatas sudah bisa Anda pahami kan kenapa harus memilih dan menggunakan satu topic saja dalam satu blog.

4.    Berapa Banyak Yang Bisa Dibahas Dalam Topic Tersebut 


Tips Memilih Topic Blog Agar Sukses

Setelah kita selsai menentukan mana topic yang akan kita ambil sekarang kita akan melihat ke topic tersebut, berapa banyak pembashasan yang mungkin kita dapatkan pada topic itu.

Sebagai contoh topic “Android” apa saja yang bisa dibahas pada topic ini…

Misalnya berapa banyak seri android, apa kelebihan dan kekurangan dari masing masing seri dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ini adalah hal yang sangat penting, kenapa begitu penting?

Perlu Anda ketahui jumlah yang bisa dibahas dalam topic tersebut berkaitan langsung dengan jumlah artikel yang dapat Anda tulis nantinya, karena artikelah yang membuat blog Anda terkenal dan sukses.

Coba Anda bayangkan jika topic yang diambil yang bisa dibahas hanya sedikit, setelah kehabisan pembahasan apa yang mau Anda tulis sebagai artikel blog.

Pasti Anda akan kebingungan mencari ide dan bahan untuk dibuat menjadi artikel bukan dan tentu blog Anda tidak akan bisa bersaing dengan yang lainnya.

Jadi jangan sampai salah dalam memilih topic yang akan Anda ambil demi kesuksesan blog yang dibuat nantinya.

Untuk yang kurang jelas silahkan tanyakan lewat komentar….

Terima kasih telah berkunjung….

Salam hangat dari Admin…. 

10 komentar

Bloger gado gado jg banyak yg sukses lo..

Bloger gado gado jg banyak yg sukses lo..

Ia kayaknya mastah malah pake blog gado2 :v

wahh. sangat bermanfaat info nya !

bisa buat pelajaran kdepan ^^ masih pemula T_T

nice info, sangat sulit memang nentuin topic,

fokus pada satu topik ya memang bagus sih gan, tapi kebanyakan blog yang sukses blog gado" wkwk

aku aja satu topik gan.. walaupun keknya bagusan kalo gado"

Tergantung sih , klo gado gado nya dihidangkan dengan mantap pasti banyak visitor dan walau gado gado tapi postnya ori kan bagus

Untuk sobat yang ingin berkomentar, berkomentarlah yang SOPAN, RELEVAN tidak mengandung SARA, PORNO, dan Link Aktif Terimakasih.