Minggu, 17 April 2016

7 Teknik Seo On Page Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

7 Teknik Seo On Page Untuk Meningkatkan Pengunjung Blog

Kali ini saya berkesempatan menyampaikan dan memberikan informasi yang saya tahu tentang teknik SEO on-page yang sering saya lakukan demi meningkatkan pengunjung blog saya.

Teknik seo on-page merupakan teknik seo yang dilakukan di website atau blog kita sendirir, banyak para blogger pemula melewatkan ini sehingga mereka cepat putus asa dan pensiun dari blogging.

Ini yang sering dialami para blogger pemula….

Setelah sekian banyak artikel yang dibuat tapi tetap saja tidak ada artikel masuk halaman pertama pencarian, tentu itu akan membuatnya merasa kesal dan putus asa melakukan pekerjaan blogging ini.

Mungkin bukan karena Artikel anda kurang bermanfaat atau arikel kopas, namun Anda harus memeriksa setiap artikel yang sudah di publikasikan apakah SEO on-page sudah Anda lakukan pada artikel tersebut.

Nah dikesempatan ini Anda bisa mempelajari sedikit SEO on-page yang sering atau wajib saya lakukan saat akan membuat dan mempublikasikan artikel……

Simak baik baik teknik teknik ini sampai akhir ya…..

1.    Buatlah Judul Artikel Semenarik Mungkin
buatlah judul semenarik mungkin

Membuat judul semenarik mungkin sangat penting dalam artikel karena Judul yang menarik akan membuat orang orang tertarik untuk mengklik link artikel Anda, dan persaingan di pencarian pun akan lebih mudah.

Dalam membuat judul artikel perhatikan juga kata kunci atau poin yang Anda bidik dan gabungkan dengan kata kata yang dapat memikat orang untuk mengkliknya.

Perlu Anda ketahui judul artikel sangat berpengaruh pada mesin pencari untuk mengindex dan mengcrawl artikel Anda, namun membuat judul artikel jangan sampai terlalu panjang karena Google hanya akan mengindex judul halaman sebanyak 50 – 60 karakter saja dalam pencarian sebuah kata.

Jadi usahakan membuat judul artikel yang mengandung kata kunci, dapat memikat orang untuk mengkliknya, dan jangan terlalu panjang gunakan antara 50 – 60 karakter saja agar mudah di index mesin pencari.

2.    Tambahkan Gambar Yang Relevan
tambahkan gambar yang relevan

Teknik yang kedua ini harus Anda lakukan karena gambar merupakan ilustrasi dari artikel yang Anda buat, dan itu juga akan membuat pengunjung lebih mudah untuk memahami apa yang Anda tuangkan dalam artikel tersebut.

Gambar juga merupakan hal yang akan menarik seseorang untuk terus membaca keseluruhan artikel Anda, karena artikel tanpa gambar akan membuat orang malas dan enggan untuk membaca artikel Anda.

Perlu Anda ketahui juga Google akan menampilkan artikel yang memiliki gambar  dihalaman pertama, karena mesin pencari juga akan mengindex gambar yang ada di artikel Anda.

Sebelum mengupload gambar sebaiknya kompres dulu gambar yang akan diupload agar loading saat akan membuka artikel Anda tidaj terlalu lama dan itu akan membuat pengunjung tidak betah dan yang paling penting gunakanlah gambar yang relevan atau berkaitan dengan artikel yang Anda buat.

3.    Beri Tag Alt Pada Gambar   
beri ALT tag gambar

Setelah Anda menambahkan Gambar pada artikel Anda, hal yang harus Anda lakukan selanjutnya ialah memberikan atau menambahkan tag Alt pada gambar yang sudah ditambahkan.

Karena mesin pencari juga akan mengindex gambar Anda maka berikan tag judul Gambar agar Google dapat menemukan halaman artikel Anda, dan itu akan memberikan peluang besar untuk artikel Anda mucul dihalaman pertama pencarian.

Terus bagaimana cara menambahkan tag judul pada gambar…….?

Pada blog platform Blogspot sangatlah mudah ikuti langkah ini:

Klik kanan pada gambar yang akan diberikan tag judul, kemudian aka nada pilihan dan pilihlah properties maka akan muncul menu kecil disitu ada dua kolom yang akan Anda isi dengan tag judul gambar, pada  kolom Title Text isikan dengan judul artikel dan kolom Alt Text isikan dengan nama gambar atau foto.

4.    Tambahkan Deskripsi Penelusuran 
tambahkan deskripsi penelusuran

Setelah Anda menambahkan tag alt pada gambar sekarang waktunya kita akan menambahkan deskripsi penelusuran.

Apa fungsi dari deskripsi penelusuran mempermudah mesin pencari menemukan dan mengindex artikel Anda dan berpeluang untuk muncul dihalaman pencarian oleh  mesin pencari.

Jadi usahakan menambahkan deskripsi penelusuran dan akan berdampak pada peringkat blog Anda di SERP dan pengunjung blogpun akan meningkat.

Sekarang bagaimana menambahkan deskripsi penelusuran simak baik baik ini:

Khususnya pada blogspot sangatlah mudah klik tulisan Deskripsi Penelusuran yang ada disebelah kanan saat Anda menulis artikel, kemudian tuolis deskripsi singkat tentang artikel Anda, usahakan menuliskan kata kunci konten dengan menambahkan kata kata lain yang mengandung deskripsi singkat artikel Anda.

5.    Membuat Konten Yang Berbobot   
konten yang berbobot

Nah setelah selesai dengan judul artikel, deskripsi penelusuran, gambar, dan alt gambar sekarang Anda harus terfokuskan ke artikel yang akan Anda buat.

Karena artikel merupakan hal yang paling penting dan menunjang kesuksesan blog Anda nantinya…
Konten yang berbobot akan membuat mesin pencari menampilkan artikel Anda dihalaman pertama pencarian….

Nah kemudian bagaimana membuat konten yang berbobot……

Konten yang berbobot memiliki factor factor seperti:

•    Apakah artikel tersebut bermanfaat atau tidak
•    Bukan copy paste (  COPAS ) / originalitas
•    Banyak yang mencari
•    Fokus dengan topic pembahasan
•    Informasi terbaru / up to date
•    Gambar / video yang relevan atau berkaitan
•    Bahasa dan tulisan yang baik

Saat Anda akan membuat article perhatikanlah factor factor diatas agar artikel yang Anda buat tidak sia sia dan berpeluang menjadi rangking pertama di mesin pencari….

Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca membuat artikel berbobot

6.    Periksa Link Judul Artikel
perbaiki link judul

Nah sebelum Anda memposting atau menerbitkan artikel sebaiknya anda perhatikan dulu link artikel atau bisa dibilang link judul artikel Anda supaya lebih SEO dan mudah di index mesin pencari…

Biasanya link judul artikel akan mengikuti sesuai dengan nama judul artikel yang dibuat, tapi Anda bisa mengubah link judul sesuai dengan apa yang diinginkan…

Namun dalam menentukan link judul gunakan juga kata kunci dan usahakan jangan terlalu pendek dan jangan terlalu panjang agar mudah di index dan akan membuat link judul artikel Anda berada di halaman pertama pencarian…

Bagaimana membuat link judul….?

Pada blogspot sangatlah mudah ikuti langkah ini…

Klik icon mata rantai yang ada disebelah kanan saat Anda mengedit artikel klik tulisan "Tautan Permanen", kemudian akan muncul kolom yang dimana anda akan mengisi judul link artikel Anda, setelah seleasi mengisi kolom tersebut kemudian klik OK selesai.

Seperti yang sudah saya bilang link judul artikel jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek ya…..

7.    Tambahkan Tautan Internal
tambahkan internal link

Sedikit informasi buat Anda yang belum tahu apa itu tautan internal….

Tautan internal merupakan link yang berada di artikel Anda yang mengarah ke artikel lainnya, sebagai contoh sekarang saya sedang membahas tentang seo on-page dan saya mempunyai artikel lain yang berkaitan dengan seo maka saya akan menambahkannya / menyisipkannya dalam artikel ini.

Jadi bisa dibilang menambahkan link yang mengarah ke artikel lainnya….

Tautan internal tidak sama dengan link arsip blog dan kategori blog. Ini berbeda, tautan internal ini merupakan link yang ada di artikel sebagai contoh merencanakan dan membuat blog sukses tulisan yang berwarna biru ini merupakan tautan internal.

Perlu Anda perhatikan dalam membuat tautan internal jangan terlalu banyak, taruhlah sewajarnya saja dan usahakan berkaitan dengan topic pembahasan agar pengunjung blogpun akan tertarik dan mengklik tautan tersebut.

Cara membuatnya bagaimana…..?

Khusus untuk blogspot diatas kotak edit artikel ada tulisan LINK klik tulisan tersebut maka akan muncul menu kecil dimana Anda akan mengisi alamat artikel yang dituju dan kata apa yang akan muncul sebagai judul artikel Anda..

Setelah selesai mengisi kemudian klik OK.

Sekarang waktunya untuk mempublikasikan artikel dan semoga artikel  Anda masuk halaman pertama pencarian…..

Jika artikel ini bermanfaat silahkan dibagikan dan jika Anda belum paham silahkan bertanya melalui komentar….

Salam hangat dari Admin……. 

1 komentar:

titip link gan kalau boleh www.leangle.net

Untuk sobat yang ingin berkomentar, berkomentarlah yang SOPAN, RELEVAN tidak mengandung SARA, PORNO, dan Link Aktif Terimakasih.