Jumat, 04 Maret 2016

Membuat Blog Gratis Dengan Platform Blogspot Terbaru 2016 Lengkap Dengan Gambar

Membuat Blog Gratis Dengan Platform Blogspot Terbaru 2016 Lengkap Dengan Gambar

Setelah kemaren saya membahas tentang bagaimana membuat blog gratis dengan Platform WordPress lengkap dengan gambar. Nah kali ini saya berkesempatan memberikan tutorial membuat blog gratis dengan platform Blogspot lengkap dengan gambar.

Baca ini juga Merencanakan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Sebelum kita membahas bagaimana cara membuat blog gratis dengan platform blogspot, sebaiknya anda memiliki akun email google ( Gmail ). Kenapa harus menggunakan email dari google mengapa tidak menggunakan yahoomail saja?

Tentu tidak bisa anda menggunakan akun email yahoo karena platform blogspot miliknya mbah google, jadi blogspot itu dikususkan hanya untuk Anda yang memiliki akun email google ( Gmail )  saja. Jadi Anda harus membuat akun Gmail terlebih dahulu sebelum membuat blog.

Terus apa kelebihan dari blogspot dibandingkan platform yang lain?

Sekarang coba anda bandingkan dengan flatform WordPress, kenapa saya tidak memilih platform yang lain, karena kebetulan hanya 2 CMS yang kebanyakan digunakan untuk membuat blog yaitu blogspot dan wordpress.

Apa perbandingan antara blogspot dan Wordpress?

1.    Blogspot tidak memiliki kuota penyimpanan file yang Anda upload di blog sedangkan Wordpress memberikan hanya 3000 MB kuota penyimpanan untuk blog yang gratis.
2.    Sekarang coba anda lihat pada halaman pertama pencarian tentang apapun, kebanyakan yang berasal dari platform blogspot. Jadi blogspot lebih SEO ketimbang WordPress.
3.    Blogspot lebih mudah dioptimasi hanya dengan Anda mengerti tentang CODING HTML saja itu sudah cukup sedangkan WordPress harus mencari plugin dan mendownloadnya dulu baru bisa mengoptimasi blog.
4.    Karena blogspot miliknya mbah google jadi lebih mudah keterima menjadi publisher iklan ( Goolge Adsense ) dan Anda berkesempatan mendapatkan uang dari google.

Dari perbandingan diatas pasti anda sudah sedikit memahami perbedaan dari kedua platform diatas, sekarang terserah anda untuk memilih membuat blog dari platform yang mana.

Namun sebelum kita mulai membuat blog, saya sarankan Anda terlebih membuat sebuah logo yang akan anda gunakan menjadi symbol dari blog anda nantinya. Bagi anda yang belum mempunyai logo, saya merekomendasikan anda  membuat logo di www.logaster.com. kenapa saya memilih logaster karena di logaster anda tidak perlu membayar untuk membuat logo dan favicon.
Sekarang saya asumsikan anda sudah membuat logo blog yang akan menjadi symbol blog anda nantinya.  

Nah sekarang kita baru akan membahas Bagaimana Membuat Blog Gratis Dengan Platform Blogspot. 

Ikuti langkah demi langkah untuk membuat blog dengan mudah.

1.    Klik dipencarian www.blogger.com. Disisni anda akan melihat tampilan awal login kea kun Gmail Anda, karena hanya akun Gmail saja yang bisa menggunakan blogspot, jadi Anda harus punya akun Gmail. Lihat Gambar Dibawah.
 
   


2.    Untuk Anda yang sedikit kesulitan dalam bahasa inggris ubah bahasa menjadi bahasa Indonesia agar lebih mudah dan bisa anda pahami. Lihat Gambar Dibawah.

3.    Disini kegunaan akun gmail anda, masukan alamat email anda kemudian klik Berikutnya   Lihat Gambar Dibawah
      
 

4.     Setelah itu Anda akan diminta memasukan password email anda, kemudian klik Masuk . Agar lebih mudah saya sudah menandainya Lihat Gambar Dibawah.
   
 

5.     Sekarang Anda akan dibawa kehalaman selanjutnya yaitu, halaman dusboar blog, dihalaman inilah anda akan membuat blog, setelah itu klik tombol  “Blog Baru”  yang sudah saya tandai. Lebih jelasnya Lihat Gambar Dibawah.
   


6.    Setelah anda klik tombol Blog Baru akan muncul halam kecil, dimana ada 4 langka mudah untuk membuat blog didalamnya. Untuk lebih jelasnya Lihat Gambar Dibawah  
 


Sedikit keterangan tombol tombol yang sudah saya tanda i
:
a.    Judul – disini merupakan tempat yang akan anda gunakan untuk menuliskan judul blog anda, sesuaikan judul blog anda dengan tema / topic yang blog anda bahas. Jangan khawatir judul blog anda bisa diganti kapan saja anda mau namun sesuaikan dengan tema / topic blog anda.
b.    Alamat – disini anda akan mengisi alamat blog anda, karena ini merupakan blog gratisan jadi nanti alamat blog anda akan memiliki sub domain blogspot.com. namun perlu anda ketahui jika nama blog yang anda inginkan sudah digunakan orang lain “contoh belajarkomputer.blogspot.com” anda tidak bisa menggunakan nama itu, tapi usahakan anda memilih nama yang semirip mungkin dengan tema yang anda bahas seperti “tutorialkomputer.blogspot.com”.
c.    Template – nah disini anda akan menentukan bagaimana tampilan blog anda nantinya, karena ini merupakan template yang sudah disediakan oleh google jadi ya kurang bagus menurut saya. Namun anda bisa mencari template lainnya di mbah google banyak kok yang bissa anda gunakan.
Setelah anda mengisi semua data data tadi sekarang anda klik “ Buat Blog”. Selamat blog anda sudah jadi, sekarang anda sudah bisa menggunakannya untuk berbagi ilmu atau sesuatau yang anda bisa.

Pada tahap ini blog anda sudah jadi  dan Sekarang bagaimana membuat sebuah artikel pertama di blog anda.
Baca ini Bagaimana Membuat Konten Yang Berbobot agar blog anda terkenal.

Mari kita membuat konten / artikel…   

Ikuti langkah langkah ini.

1.    Sekarang buka dusboar blog Anda disana anda akan melihat tombol berwarna orange bertuliskan Entri Baru, klik tombol tersebut,  lebih jelas Lihat Gambar dibawah
 


setelah anda mengklik tombol tersebut anda akan dibawa ke halaman pembuatan artikel.

2.    Nah disinlah halaman yang akan anda gunakan setiap kali anda membuat artikel baru.
Pada gambar dibawah sudah saya tandai dengan nomorLihat Gambar Dibawah



Keterangan nomor yang sudah ditandai :

•    Nomor  Judul merupakan kolom yang akan anda gunakan untuk memasukan judul postingan anda, jangan sampai anda tidak mengisi kolom ini karena jika judul artikel anda tidak ada maka mesin pencari akan sulit menemukan artikel anda nantinya.
•    Nomor 2 Papan Ketik disini adalah kolom dimana anda akan mengisi artikel apa yang anda bahas ( isi dari pembahasan anda ).
•    Nomor 3 Label ini fungsinya adalah untuk mengelompokan artikel artikel  yang sudah  anda share.
•    Nomor 4 Jadwal ini berfungsi untuk menjadwalkan kapan artikel Anda akan di publikasikan. Contoh anda membuat artikel hari ini dan ingin mempublikasikannya lusa, Anda bisa menjadwalkannya disini.
•    Nomor 5  Tautan Permanen maksud dari tombol ini adalah untuk membuat link yang mengarah ke artikel anda, namun jika anda masih pemula biarkan saja secara otomatis.
•    Nomor 6 Lokasi disini Anda bisa menambahkan lokasi Anda berada namun biasanya ini dikosongkan saja karena tidak terlalu penting juga
•    Nomor 7 Deskripsi Penelusuran ini fungsinya sebagai pembuat kata kunci dalam mencari artikel anda nantinya setelah diposting. Gunakan kata kunci yang ada di dalam artikel anda atau judul artikel anda.
•    Nomor 8 Pilihan disini anda bisa mengubah sedikit artikel anda dalam hal boleh apa tidak dikomentari pengunjung, untuk lebih jelasnya Anda bisa mengklik tombol ini nantinya saat anda membuat artikel.
•    Nomor 9 Tutup tombol ini berfungsi untuk menutup halaman pembuatan artikel tanpa menyimpan apa yang sudah anda tulis.
•    Nomor 10 Pratinjau tomobl ini sangat bermanfaat saat anda belum yakin dengan article yang anda buat, Anda bisa menggunakan tombol ini untuk melihat tampilan artikel anda sebelum di publikasikan.
•    Nomor 11 Simpan dari katanya saja pasti anda sudah mengetahui fungsi dari tombol ini kan, fungsinya adalah untuk menyimpan artikel anda jika nanti anda ingin meneruskannya nanti dilain waktu.
•    Nomor 12 Publikasikan setelah anda sudah selesai dengan artikel anda baru sekarang anda mengklik tombol ini, karena fungsi dari tombol ini adalah untuk membagikan artikel ke blog Anda.

Dari penjelasan diatas anda pasti sudah sedikit mengetahui fungsi fungsi dari tombol tombol tersebut dan sekarang saatnya anda membuat blog anda terkenal dengan Menaikan PageRange Blog  dan menghasilkan rupiah dari blog gratis.

Semoga informasi ini bermanfaat…

Salam hangat dari Admin……

  

6 komentar

Trims gan tutorny..sangat membantu buat newbi kayak saya..hhh

Trims gan tutorny..sangat membantu buat newbi kayak saya..hhh

keren gan artikelnya
kunjung balik gan : info-tekno98.blogspot.com

Untuk sobat yang ingin berkomentar, berkomentarlah yang SOPAN, RELEVAN tidak mengandung SARA, PORNO, dan Link Aktif Terimakasih.