Selasa, 09 Februari 2016

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda


Diera abad 21 ini, internet mungkin sudah menjadi mainan bagi masyarakat sekarang. Setiap hari hampir jutaan orang berbelanja secara online, atau juga disebut berbelanja dirumah lewat internet. 

Berbelanja secara online memang sangat mudah dan praktis karena tidak membutuhkan tenaga dan waktu untuk pergi ketoko took atau ke mall mall yang pasti jarak waktu dan tegana yang dibutuhkan tidak sedikit.

Baca juga bagaimana Merencanakan Dan Membuat Sebuah Blog Yang Sukses

Mengonlinekan bisnis anda merupakan hal yang sangat bermanfaat dan tentunya akan memberikan peluang besar untuk membuat usaha atau bisnis anda berkembang pesat. 

Sekarang mungkin anda akan berfikir seperti ini
  1. Mengubah perusahaan saya menjadi online akan sangat rumit
  2. Saya tidak mampu dan saya sangat sibuk
  3. Bisnis saya sudah mapan! Saya punya banyak pelanggan dan saya tidak perlu mengubah ini menjadi bisnis online.
  4. Saya ( teman saya) pernah mencoba dan gagal  
  5. Saya tidak mau berjualan online 
Pertama tama, kabar baiknya anda tidak perlu hebat dan  berpengalaman dalam dunia maya atau modal besar untuk bisa berjualan online.

Kenyataanya panduan ini sudah disesuaikan untuk anda sehingga anda dapat melakukannya dengan mudah. 

Mungkin anda bertanya apa itu memasarkan secara online ?

Memasarkan secara online adalah bagaimana pembeli atau pelanggan yang sudah mencari secara online mempelajari diri anda, layanan yang anda tawarkan, took anda, produk produk anda, dimana anda membuaka tok dan atau kapan waktu anda buka secara uumnya seperti itu.

Ketika anda mempromosikan barang atau bisnis anda secara online, seseorang akan menjadi pembeli anda akan menemukan anda dan  melihat mengapa mereka harus membeli pada anda.

Ketika seseorang akan melakukan pembelian secara online, ada empat hal yang akan mereka lihat yaitu:

  1.  Situs web atau situs bisnis anda
  2.   Barang dan jasa yang anda tawarkan
  3. Penawaran harga
  4. Testimony dan alamat bisnis anda

Ketika seseorang menemukan situs web anda, mereka akan melihat informasi mengenai produck dan jasa yang anda tawarkan disaat yang sama. 

Dan sekarang saatnya anda memberitahukan mereka apa yang anda lakukan.
Jika  anda menyewa kedaraan, tunjukan dimana lokasi bisnis anda. 

Jika anda memiliki kafe, rumah makan , beritahu mereka kapan anda buka, tutup  dan apa penawaran khusus untuk mereka.

 Jika anda berjualan barang tunjukan kualitas dan kelebihan dari dagangan anda.

Tampilan ini dapat memberikan anda pendapatan, refrensi penjualan dan pelanggan baru.

Dan tujuan panduan ini adalah  menolong anda untuk melakukan itu semua.

Mari Kita Lakukan!

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Anda juga dapat menampilkan daftar produk atau jasa yang anda jual dan beriteraksi dengan pelanggan. Anda bahkan dapat memuat poenawaran atau kupon khusus untuk menarik pembeli pada saat itu juga.

Mengapa perlu online?

Ketika anda mencoba sesuatu dalam berbisnis, pertama tama adalah anda harus tahu mengapa anda melakukannya. Berikut adalah alas an mengapa pemasaran secara online perlu dilakukan 
  1. Membantu pelanggan baru menemukan anda dengan mudah ketika mereka mencari produk atau jasa yang anda jual
  2.  Member kemudahan untuk pelanggan anda menemukan lokasi, jam operasional dan penawaran special di toko anda
  3.  Dapat menampilkan testimony dan pujian dari pelanggan setia anda
  4.  Memberikakn kepercayaan dan kredibilitas
  5.  Menghemat waktu dan uang dengan memberikan informasi secara online dalam proses penjualannya.
Hal mengembirakan dari potensi penjualan secara online pada bisnis anda adalah, anda dapat melakukannya dengan cepat dan mudah.

Beberapa Hal Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Memulai Bisnis Anda Secara Online.

Buat Situs Web Anda

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Banyak sekali cara untuk memulai bisnis anda secara online sperti: blog, profil social media, facebook, dan masih banyak lagi. Namun setiap bisnis membuuhkan sebuah markas online.

Markas tersebut adalah situs web anda. Itu adalah halaman depan took anda atau tempat bisnis anda untuk ditampilkan pada pengujung internet. Jika anda baru saja memulainya, 

jadikanlah hal itu sebagai pengumuman pembukaan besar anda untuk menarik orang pada bisnis anda. 

Situs web anda merupakan toko online anda dan itu yang akan dilihat para pelanggan anda setiap kali mereka membuka dan mencari halaman web anda, jadi biatlah situs web anda dengan sebaik mungkin.

Kiat Kiat Yang Harus Di Lakukan Saat Membuat Situs Bisnis Anda 

Pilih Alamat Web Anda Dengan Seksama 
Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Yang terpenting adalah situs web anda adalah, situs web anda akan memiliki alamnya tersendiri seperti bajubola.com. sebutan teknis untuk alamt web adalah “domain name”. 

Anda akan memilih alamat web anda sendiri ketika anda akan membuat situs web. 

Usahakan tidak terlalu panjang dan ushahakan agar semirip mungkin dengan nama toko atau bisnis anda. Jika nama took anda Fajar Jaya, usahakan mendapat nama fajarjaya.com

Namun jika nama tersebut sudah di ambil dan dipakai orang . carilah nama lain yang  gampang diingat atau yang semirip mungkin dengan nama took anda  contohnya fajarjayamart.com.


Buatlah Web Anda Semenarik Dan Seunik Mungkin
Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Jika anda ingin mereka menghubungi anda, tulislah nomor anda pada pembuka dan penutup dari situs anda. 

Jika anda ingin mereka mencari anda tulislah alamat lokasi took anda, pastikan anda melengkapi situs anda dengan peta. Dan seterusnya

Desain situs anda dapat memudahkan atau mempersulit calon pelanggan potensial dan halaman pencarian untuk mendapatkan apa yang mereka cari. Semakin mudah semakin baik!

Situs web yang sukses memiliki beberapa unsur yaitu:
  1. Memudahkan pelanggan untuk membaca dan melihat lihat tanpa harus berfikir keras.
  2.  Buatlah menjadi pencarian yang mudah bagi mesin pencari seperti google
  3.  Tunjukan dengan jelas manfaat dan kelebihan dari produk yang anda tawarkan pada calon pembeli. Berikan alas an kenapa harus memilih produk yang kita tawarkan.
 Buatlah Dengan Tampilan Menarik
Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Tampilan dari situs anda mempengaruhipilihan para pelanggan potensial anda, lantas bagaimana anda mendesain situs web agar sesuai dengan kebutuhan mereka?

Ikuti 7 cara mendesain dengan baik seperti berikut ini:
  1. Berikan tampilan professional dan meyakinkan bahwa anda mampu menginspirasi.
  2. Pilih kata kata dan foto foto yang akan anda  gunakan dengan hati hati. Periksa penulisan kata kata yang anda gunakan!
  3. Gunakan kalimat yang pendek serta kalimat pembuka. Gunakan symbol petunjuk  (pointer) atau angka untuk menujukakn lebih detail
  4.  Coba lihat tampilan situs web anda dengan menggunkan browser terkenal seperti google chrome dan firefoxe, agar anda mengetahui bagaimana tampilan situs web anda
  5. Tempatkan alamat, email dan nomor telepon ditempat yang mudah dilihat
  6.  Gunakan link navigasi di posisi yang sama di setiap halaman. Link navigasi adalah symbol yang digunakan untuk memudahkan anda untuk berpindah dari halaman satu ke halaman lainya.
  7. Masukan perintah yang jelas yang dapat membantu pengunjung stus web anda misalnya: beli sekarang, kontak, unduh, masukan ke keranjang.
Perbaharui Situs Web Secara Berkala
Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Kata-kata, gambar,dan foto, link-link dan hal lain-alin yang  ada dalam situs web anda disebut dengan kontenitu atau isi. 

Konten yang anda miliki tentunya sangat penting bagi pelanggan anda, namun sebenarnya konten-konten tersebut dangat penting bagi mesin pencari.

Lebih tepatnya konten yang ada di dalam situs web anda sesungguhnya adalah makna bagi mesin pencari seperti google. 

Ciptakan konten dengan kata-kata yang tepat tentang bisnis anda sehingga mudah ditemukanoleh mesin pencari. Karena pada saat itulah anda akan mendapatkan calon pelanggan.

Yang harus diperhatikan dalam membuat konten adalah jangan gunakan kata kata yang sama disetiap konten yang anda buat, karena itu akan mempengaruhi situs web anda di mesin pencari.

Terus mengupdate web anda akan berdampak positif pada perkebangan bisnis anda, jika anda memberikan pelayanan baru atau diskon khusus untuk pelanggan anda atau mungkin hal hal yang membuat pengunjung situs anda merasa bahwa bisnis yang anda lakukan terus berkembang.
   
Bantu Orang Temukan Situs Web Anda

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Setelah anda berhasil membuat situs web anda, langkah selanjutnya adalah menjadikan situs web anda mudah ditemukan oleh calon pembeli pelanggan potensial. 

Marketing yang dilakukan oleh mesin pencari yang merupakan proses pengarahan pengguna internet untuk mengunjungi situs web anda, menjadi factor penting lainnya yang dapat dimanfaatkan melalui google atau mesin pencari lainnya.

Ada 2 cara agar situs web anda popular yaitu:
  1.   Search engine optimization  (SEO)    atau optimasi mesin pencari
  2.  Menggunkan jasa iklan seperti google adwords.
Cara petama itu memang gratis namun membutuhkan pengetahuan dan keahlian khusus untuk men SEO kan situs web bisnis anda, karena bukan hal gampang untuk membuat situs menjadi popular. 

Sebab yang paling sulit dalam Interbet Marketing adalah mengoptimasi mesin pencari agar situs web anda berada di posisi paling atas atau di halaman pertama saat mesin pencari mencari situs web bisnis.

Cara yang kedua tidak membutuhkan keahlian atau keterampilan khusus karena ini menggunakan jasa google untuk mempromosikan situs web anda. 

Namun yang menjadi permasalahan dari cara yang kedua ini adalah anda harus bersedia membayar kepada google untuk promosi yang dilakukan oleh google itu sendiri.

Jadi terserah anda akan memilih dan melakukan cara yang mana, karena itu adalah pilihan anda. 

Namun saran saya lebih baik anda memilih cara yang kedua jika anda mempunyai uang lebih untuk jasa iklan karena gampang dan mudah serta tidak membutuhkan tenaga yang extra.

Menjaga Mereka Untuk Kembali  Lagi    

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Inilahk senario yang sering kita lihat: seseorang membuat  konten untuk bisnis mereka. Membawa orang untuk melihat dan tidak kembali  lagi.

Tapi jangan hawatir , hal ini dapat anda perbaiki!

Yang harus dilakukan pertama: lihat apa yang anda punya khususnya konten anda. 
Apakah terlalu mempromosikan diri sendiri? 
Membosankan? 
Tidak konsisten? 
Jujur pada diri anda sendiri…… 

Tanyakan pada orang lain atau teman anda untuk melihat konten anda dan tanyakan apakah pendapat mereka. 

Apakah situs web anda terlalu berantakan, atau terlalu sulit navigasinya? Jika benar,  kembali lihat ke atas bagaimana membuat situs web agar menarik. 

Komposisi paling penting dalam mendapat kepercayaan anda ialah berinteraksi. 

Apakah anda merespon komentar di situs web anda?
Dalam situs jejaring social?
Atau anda meninggalkan mereka dalam beberapa hari terakhir?
Anda tidak harus menjawabnya dalam secepatnya.
Tapi coba untuk memberikan waktu untuk pengunjung anda, interaksi menumbuhkan loyalitas.
Respon ke setiap komentar  yang anda terima akan lebih baik jika anda membalasnya.
Yakin, itu akan berhasil…… 

Tapi loyalitas sangat mahal harganya. Kuncinya adalah membuatnya sangat sesimple mungkin  agar pelanggan anda menjadi loyal.  

Layani Pelanggan Dimanapun Mereka Berada

Merencanakan Dan Memulai Meng-onlinkan Bisnis Anda

Bergembiralah dengan peningkatan jumlah pengguna smartphone , yang membuat anda terhubung dengan calon pelanggan.  

Kapan  saja dan dimana saja……..

Ingat bahwa pelanggan anda mungkin bersifat mobile, didalam warung internet, atau dirumah dan pastikakn bahwa situs web anda tersedia dan mudah ditemukan dan mudah untuk diakses oleh para pelanggan.

Pikirkan elemen yang ada dalam situs web anda yang sangat penting untuk dilihat pelanggan. 

Sebagai contoh tidak semua perlengkapan mobile dilengkapi pemutar video, anda  ,mungkin harus memasukan petujuk arah, jam operasional, lokasi, kontak, dan penawaran khusus . 

Ini beberapa tips yang perlu diingat:

  1.  Buat itu menjadi mudah. Ciptakan teks yang pendek dalam konten anda, sehingga orang dapat dengan mudah mengakses informasi yang relevan
  2. Masukan gambar yang simple dan dapat dilihat di layar yang lebih kecil
  3. Hindari halaman yang tidak berguna
  4.  Pastikan nomor telepon, alamat, jam operasional dapat dlihat dengan jelas

Setiap pelanggan pasti sifat dan karakteristiknya berbeda beda  dan jangan dampai memilih milih pelanggan karena pendapat atau opini pelanggan anda akan membuat anda merugi. 

Karena pelanggan yang tidak puas dengan apa yang anda bisniskan akan bercerita keorang orang yang mungkin calon pelanggan potensial anda, sehingga reputasi bisnis anda akan menjadi buruk.

Menjadi pengusaha merupakan propesi yang mulia dan tentunya akan akan lebih mulia jika anda menjadi pengusaha yang baik / jujur……

Jadilah pengusaha yang sukses……..

Salam hangat dari admin………
               
     

Untuk sobat yang ingin berkomentar, berkomentarlah yang SOPAN, RELEVAN tidak mengandung SARA, PORNO, dan Link Aktif Terimakasih.